Sebagai
seorang guru tentu dipandang penting untuk memiliki subuah motto atau untaian
kalimat yang menjadi tumpuan dalam mensukseskan cita-cita bangsa. Motto
tersebut sangat berperan penting untuk memotivasi diri agar tetap semangat
dalam melaksanakan TUPOKSI (tugas pokok dan fungsi) dalam setiap individu
khususnya sebagai seorang guru. Selayaknya seorang pahlawan pendidikan
Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara mempunyai semboyan-semboyan yang mendasar
dalam pendidikan. Ing Ngarso Sun Tolodo,
Ing Madyo Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani merupakan landasan yang
mendasar bagi pendidikan Indonesia yang tentunya tidak lekang oleh jaman. Makna
yang terkandung dalam setiap motto tentu harus dapat menginspirasi banyak orang
dan bermanfaat.
Dalam hal ini saya
sebagai seorang guru juga memiliki motto yang telah saya lakukan terhadap
pembelajaran peserta didik. Meski motto yang saya aplikasikan sehari-hari tidak
sesempurna bapak pahlawan kita Ki Hajar Dewantara, namun saya berusaha
melakukan yang terbaik untuk mendukung pendidikan di kelas, sekolah dan Bangsa
sesuai yang tertuang dalam pembukaan UUD
1945. Adapun motto saya adalah MONSTER
(Motivasi, Study, dan Refleksi).
1. Motivasi
Motivasi diberikan
untuk membangkitkan gairah belajar siswa. Selain itu, motivasi mampu
menjadikan
peserta didik belajar dengan niat sendiri tanpa ada tekanan dari pihak manapun,
sehingga siswa memiliki persiapan yang matang untuk pembelajaran maupun
menyelesaikan permasalah yang dialami sehari-hari baik dilingkungan sekolah
maupun diluar sekolah
2. Study
Belajar sebagai
kewajiban setiap individu. Peserta didik yang melakukan proses belajar dapat
menambah pengetahuan dan pengalaman diri sampai tak terbatas. Dengan
bertambahnya pengetahuan tentu juga menambah wawasan serta pengalaman yang
berarti bagi diri. Proses belajar sangat penting tertanam dalam diri siswa
sedini mungkin sesuai perkembangannya. Belajar dalam hal ini tentu memiliki
makna yang lebih luas yang dilakukan siswa baik disekolah maupun dirumah, baik
melalui buku atau media lain maupun proses belajar yang didapat melalui arahan
orang tua dan lingkungan sekitar
3. Refleksi
Refleksi dalam akhir pembelajaran yang diberikan
guru sangat membantu peserta didik untuk mengetahui tingkat perkembangan kemampuan
siswa. Refleksi dalam hal ini bisa berupa penilaian secara tertulis maupun
lisan, kritik dan saran. Semua itu sangat dibutuhkan oleh setiap siswa maupun
semua orang sehingga dapat memperbaiki diri pada tahap atau proses belajar
lebih lanjut. Dengan adanya refleksi oleh guru diharapkan siswa dapat membangun
karakter diri dalam pembelajaran kearah yang lebih baik dan positif.
0 Komentar
terima kasih kesediaanya untuk berkomentar, memberi kesan dan saran dari postingan ini!