Sebagai seorang guru tentu dipandang penting untuk memiliki subuah motto atau untaian kalimat yang menjadi tumpuan dalam mensukseskan cita-cita bangsa. Motto tersebut sangat berperan penting untuk memotivasi diri agar tetap semangat dalam melaksanakan TUPOKSI (tugas pokok dan fungsi) dalam setiap individu khususnya sebagai seorang guru. Selayaknya seorang pahlawan pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara mempunyai semboyan-semboyan yang mendasar dalam pendidikan. Ing Ngarso Sun Tolodo, Ing Madyo Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani merupakan landasan yang mendasar bagi pendidikan Indonesia yang tentunya tidak lekang oleh jaman. Makna yang terkandung dalam setiap motto tentu harus dapat menginspirasi banyak orang dan bermanfaat.
Dalam hal ini saya sebagai seorang guru juga memiliki motto yang telah saya lakukan terhadap pembelajaran peserta didik. Meski motto yang saya aplikasikan sehari-hari tidak sesempurna bapak pahlawan kita Ki Hajar Dewantara, namun saya berusaha melakukan yang terbaik untuk mendukung pendidikan di kelas, sekolah dan Bangsa sesuai yang tertuang dalam  pembukaan UUD 1945. Adapun motto saya adalah MONSTER (Motivasi, Study, dan Refleksi).

1.       Motivasi
Motivasi diberikan untuk membangkitkan gairah belajar siswa. Selain itu, motivasi mampu
menjadikan peserta didik belajar dengan niat sendiri tanpa ada tekanan dari pihak manapun, sehingga siswa memiliki persiapan yang matang untuk pembelajaran maupun menyelesaikan permasalah yang dialami sehari-hari baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah

2.       Study
Belajar sebagai kewajiban setiap individu. Peserta didik yang melakukan proses belajar dapat menambah pengetahuan dan pengalaman diri sampai tak terbatas. Dengan bertambahnya pengetahuan tentu juga menambah wawasan serta pengalaman yang berarti bagi diri. Proses belajar sangat penting tertanam dalam diri siswa sedini mungkin sesuai perkembangannya. Belajar dalam hal ini tentu memiliki makna yang lebih luas yang dilakukan siswa baik disekolah maupun dirumah, baik melalui buku atau media lain maupun proses belajar yang didapat melalui arahan orang tua dan lingkungan sekitar

3.       Refleksi
Refleksi dalam akhir pembelajaran yang diberikan guru sangat membantu peserta didik untuk mengetahui tingkat perkembangan kemampuan siswa. Refleksi dalam hal ini bisa berupa penilaian secara tertulis maupun lisan, kritik dan saran. Semua itu sangat dibutuhkan oleh setiap siswa maupun semua orang sehingga dapat memperbaiki diri pada tahap atau proses belajar lebih lanjut. Dengan adanya refleksi oleh guru diharapkan siswa dapat membangun karakter diri dalam pembelajaran kearah yang lebih baik dan positif.